Scroll untuk baca artikel
Shopee
Pinjaman

Berikut Penyebab Tagihan Kartu Kredit Membuat Anda Terkejut

Avatar photo
18
×

Berikut Penyebab Tagihan Kartu Kredit Membuat Anda Terkejut

Share this article
Berikut PenyebabTagihan Kartu Kredit Membuat Anda Terkejut

Tak dapat dipungkiri, mendapat tagihan kartu kredit yang membengkak kerap menimbulkan kejutan dan kecemasan. Terutama bila Anda kurang cermat dalam mengelola dan memantau penggunaan kartu kredit.

Tagihan yang besar tentu akan mengganggu stabilitas keuangan bulanan Anda. Jika hal ini terjadi secara berkelanjutan, ada risiko pengeluaran melebihi pemasukan, mengakibatkan tabungan Anda menipis.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Bila tabungan Anda terkuras habis, berutang bisa menjadi solusi singkat, namun tentu tidak ideal untuk jangka panjang.

Penting untuk diingat, penggunaan kartu kredit hampir tanpa batasan. Dengan kata lain, Anda bebas menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai dari kebutuhan pokok, keinginan, hingga hal-hal lain yang mungkin tidak Anda sadari. Jika tanpa kontrol dan manajemen yang tepat, kartu kredit bisa menjadi bumerang yang mengancam stabilitas keuangan Anda.

Jika Anda sering merasa kaget dengan besarnya tagihan kartu kredit yang Anda terima, berikut ini lima hal yang mungkin menjadi penyebabnya:

1. Pemakaian Overlimit

Setiap kartu kredit memiliki batasan tertentu yang dikenal sebagai limit kredit. Namun, terkadang pemegang kartu kredit melampaui batasan ini karena pemakaian yang berlebihan dan tak terkontrol.

Ketika Anda mengalami overlimit, kartu kredit Anda mungkin tidak dapat digunakan lagi hingga Anda melunasi sebagian atau seluruh jumlah yang melebihi limit tersebut. Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau saldo dan penggunaan Anda.

2. Biaya Langganan yang Tidak Dimonitor

Sudah pernah berlangganan layanan streaming musik, film, atau keanggotaan gym? Pertimbangkan kembali apakah Anda benar-benar memanfaatkan layanan tersebut atau mungkin justru lupa untuk membatalkannya. Biaya langganan ini, jika tidak dimonitor, akan terus menambah tagihan Anda setiap bulan.

3. Cicilan yang Diajukan Secara Impulsif

Meski fasilitas cicilan tampaknya dapat meringankan beban keuangan, terkadang kita terlalu cepat memutuskan untuk mencicil suatu barang tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar di masa depan. Ini dapat menyebabkan akumulasi cicilan yang berdampak pada meningkatnya tagihan kartu kredit.

See also  Ajukan BNI Fleksi, Pinjaman BNI untuk ASN dan Karyawan

4. Biaya Tahunan

Beberapa bank mungkin menawarkan pembebasan biaya tahunan di tahun pertama pemakaian kartu kredit, namun biaya ini muncul di tahun-tahun berikutnya. Selalu pastikan Anda mengetahui ketentuan biaya tahunan dari bank Anda, dan jika memungkinkan, negosiasikan atau gunakan poin yang Anda miliki untuk mendapatkan pembebasan biaya tersebut.

5. Penarikan Tunai

Meskipun memungkinkan, menarik tunai menggunakan kartu kredit bukanlah pilihan yang bijak. Selain dikenakan biaya tambahan, bunga yang diterapkan untuk penarikan tunai biasanya lebih tinggi.

6. Membayar Minimum Payment

Membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah minimum memang mengurangi beban bulanan, namun hal ini berdampak pada penumpukan bunga yang harus Anda bayar di bulan-bulan berikutnya.

Kesimpulan

Kartu kredit memang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam bertransaksi. Namun, tanpa manajemen dan penggunaan yang bijak, kemudahan ini bisa berubah menjadi beban. Penting bagi Anda untuk selalu memantau penggunaan kartu kredit, memahami detail tagihan, dan menjalani gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan manfaat kartu kredit tanpa harus terjebak dalam masalah keuangan di masa depan.

Kredivo Fashion