Scroll untuk baca artikel
Shopee
Pinjaman

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri Agar Mudah Disetujui

Avatar photo
51
×

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri Agar Mudah Disetujui

Share this article
Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri Agar Mudah Disetujui

Mengajukan pinjaman di Bank Mandiri bisa menjadi langkah penting dalam mewujudkan rencana keuangan Anda, tetapi bagaimana Anda bisa memastikan agar pengajuan Anda mudah disetujui?

Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara pengajuan pinjaman Bank Mandiri agar lebih mungkin disetujui.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti, dokumen yang perlu dipersiapkan, dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan peluang persetujuan.

Informasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memanfaatkan layanan pinjaman Bank Mandiri dengan lancar dan efisien tanpa hambatan yang tidak perlu.

Macam-Macam Pinjaman di Bank Mandiri

Macam-Macam Pinjaman di Bank Mandiri
Foto: Unsplash/Yulia Agnis

Bank Mandiri, sebagai salah satu bank BUMN terkemuka di Indonesia, menawarkan berbagai jenis pinjaman yang tidak termasuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Kendaraan Bermotor. Berikut adalah jenis-jenis pinjaman yang tersedia di Bank Mandiri:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri

KTA Mandiri adalah produk pinjaman tanpa jaminan, yang berarti kamu tidak perlu menyediakan aset sebagai agunan. Cocok bagi pegawai yang ingin mulai berwirausaha atau memiliki usaha sampingan.

Plafon pinjaman KTA Mandiri bisa mencapai Rp200 juta dengan tenor hingga tiga tahun bagi nasabah dengan payroll di bank lain, dan hingga lima tahun untuk nasabah dengan payroll di Bank Mandiri. Suku bunga yang dikenakan adalah 17,52% per tahun.

2. Mandiri Serbaguna Mikro

Mandiri Serbaguna Mikro dirancang khusus untuk mendukung usaha mikro, seperti misalnya membuka usaha ternak ayam.

Namun, ada kriteria kepegawaian tertentu yang harus dipenuhi oleh peminjam. Limit pinjaman yang ditawarkan adalah maksimal Rp50 juta dengan tenor hingga 36 bulan dan suku bunga sebesar 19,25% per tahun.

3. KTA Mandiri Mitra Karya

KTA Mandiri Mitra Karya ditujukan untuk karyawan yang menerima gaji melalui Bank Mandiri dan bekerja di perusahaan yang memiliki perjanjian kerja sama dengan bank tersebut.

Keuntungan dari KTA ini adalah proses pencairan yang lebih mudah, dengan syarat telah bekerja minimal satu tahun di perusahaan tersebut. Plafon pinjaman bisa mencapai Rp200 juta dengan tenor hingga lima tahun.

See also  Berikut Penyebab Tagihan Kartu Kredit Membuat Anda Terkejut

Namun, jika perusahaanmu memiliki program khusus dengan Bank Mandiri, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp350 juta dengan tenor sampai 10 tahun, dengan suku bunga 17,52% per tahun.

4. Kredit Usaha Mikro (KUM)

Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri ditujukan bagi mereka yang memiliki usaha mikro, baik untuk kebutuhan investasi maupun modal kerja.

Keuntungannya termasuk proses pemberian kredit yang cepat dan mudah, serta persyaratan yang tidak terlalu berat. KUM menawarkan limit pinjaman hingga Rp200 juta dengan periode pinjaman hingga lima tahun.

injaman ini mensyaratkan agunan, yang bisa berupa objek yang dibiayai atau aset tetap. Suku bunganya bersaing, dengan sistem perhitungan yang tetap (flat rate) selama masa kredit, memudahkan perhitungan angsuran bulanan.

5. Kredit Modal Kerja

Bagi kamu yang memerlukan nilai pinjaman yang lebih besar, Kredit Modal Kerja Mandiri bisa menjadi pilihan. Berbeda dari produk sebelumnya, Kredit Modal Kerja ini menawarkan plafon pinjaman maksimal hingga Rp100 miliar dengan minimum Rp100 juta.

Meskipun jangka waktu pinjaman awalnya hanya satu tahun, ada kemungkinan untuk memperpanjangnya. Sama seperti Kredit Usaha Mikro, kamu perlu menyertakan surat izin usaha untuk mengajukan pinjaman ini.

Prosedur Pengajuan Pinjaman di Bank Mandiri

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengajukan pinjaman di Bank Mandiri:

  • Persiapkan semua dokumen dan syarat yang diperlukan untuk pinjaman di Bank Mandiri.
  • Mampirlah ke cabang Bank Mandiri yang paling dekat dengan lokasi Anda.
  • Sampaikan tujuan Anda kepada petugas di bank.
  • Ambil nomor antrian di bagian layanan pelanggan.
  • Menunggu sampai tiba giliran Anda untuk dilayani.
  • Customer service akan membantu Anda dalam mengisi formulir aplikasi pinjaman.
  • Melengkapi formulir aplikasi secara detail dan menyeluruh.
  • Setelah pengajuan, proses peninjauan biasanya membutuhkan waktu hingga 14 hari.
  • Dana pinjaman akan dicairkan jika aplikasi Anda disetujui.
See also  Ajukan BNI Fleksi, Pinjaman BNI untuk ASN dan Karyawan

Periode 14 hari tersebut digunakan untuk proses peninjauan dan verifikasi. Setelah pinjaman disetujui dan dana cair, Anda akan mulai membayar cicilan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Kriteria Pengajuan Pinjaman di Bank Mandiri

Kriteria Pengajuan Pinjaman di Bank Mandiri
Foto: Unsplash/Emil Kalibradov

Untuk memastikan aplikasi pinjaman Anda disetujui oleh Bank Mandiri, ada beberapa kriteria dan dokumen yang perlu disiapkan oleh calon peminjam. Berikut adalah persyaratan umum dan dokumen yang dibutuhkan:

Persyaratan Umum Calon Peminjam:

  • Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan KTP.
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Status pernikahan: sudah menikah.
  • Usia maksimal 60 tahun pada saat kredit lunas.
  • Memiliki riwayat kredit yang baik dan tidak sedang dalam kondisi kredit bermasalah.

Dokumen yang Diperlukan:

  • Fotokopi KTP calon debitur dan pasangan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Surat Nikah untuk yang sudah menikah, atau Surat Cerai bagi yang berstatus cerai.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa atau kelurahan (jika memiliki usaha).
  • Menyertakan slip gaji terkini jika Anda seorang pekerja atau karyawan.
  • Fotokopi buku tabungan Bank Mandiri atau Mandiri TabunganMU atas nama calon debitur.

Pertimbangan Penting Sebelum Mengajukan Pinjaman di Bank Mandiri

Ketika berencana mengajukan pinjaman, baik di Bank Mandiri maupun bank lain, ada beberapa aspek penting yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa aspek penting yang harus diperhatikan:

1. Cek Riwayat Kredit

Bank Mandiri akan melakukan pemeriksaan riwayat kredit (BI checking) atas nama calon debitur. Apabila terdapat histori kredit buruk, seperti keterlambatan pembayaran atau kredit macet, kemungkinan pengajuan pinjamanmu akan ditolak.

Bank Mandiri, seperti kebanyakan bank lain, cenderung menghindari risiko dengan tidak menyetujui pinjaman bagi nasabah yang memiliki histori kredit yang buruk.

Oleh karena itu, memastikan bahwa kamu memiliki riwayat kredit yang baik sangatlah penting sebelum mengajukan pinjaman.

See also  4 Pinjaman Bank BCA untuk Karyawan yang Pengajuannya Mudah

2. Hindari Mengambil Kredit Besar di Bank Lain

Saat mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri, pastikan kamu tidak memiliki kredit besar di bank lain. Kredit tambahan dapat memberatkan kemampuanmu untuk membayar cicilan secara rutin.

Penting juga untuk memastikan bahwa usaha yang kamu jalankan memiliki dasar keuangan yang stabil, tanpa kerugian berkelanjutan di bulan-bulan terakhir.

3. Pertimbangan Jaminan

Jaminan atau agunan untuk pinjaman bisa berupa aset fisik atau bangunan. Pastikan nilai jaminan yang kamu berikan setara atau sesuai dengan jumlah pinjaman yang kamu ajukan.

Ini penting untuk mengevaluasi risiko kehilangan aset tersebut jika kamu gagal membayar pinjaman.

4. Melengkapi Berkas dan Menanti Persetujuan

Setelah semua dokumen dan persyaratan terpenuhi, kamu akan diinformasikan oleh agen Bank Mandiri mengenai status pengajuan pinjamanmu. Jika disetujui, dana akan ditransfer ke rekeningmu. Sebaliknya, jika ditolak, kamu akan diberi pemberitahuan.

Diskusikan dengan keluarga atau pihak terkait sebelum mengambil keputusan pinjaman. Pertimbangkan dengan seksama jumlah pinjaman dan durasi tenor yang dipilih, karena semakin besar dan lebih lama tenor, suku bunga yang dibebankan akan semakin besar.

Dengan memahami langkah-langkah dan tips dalam pengajuan pinjaman Bank Mandiri yang telah kami bagikan, Anda sekarang memiliki wawasan yang lebih baik tentang bagaimana cara meningkatkan peluang persetujuan.

Tetapi ingatlah bahwa pemenuhan persyaratan dan persiapan yang matang hanya merupakan langkah awal. Keberhasilan pengajuan pinjaman juga bergantung pada kemampuan Anda untuk mengelola dana dengan bijak dan merencanakan penggunaannya secara tepat.

Dengan mengikuti panduan ini dan menjaga kesehatan keuangan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman Bank Mandiri yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Jadi, ambil langkah pertama dengan percaya diri dan konsisten dalam merencanakan keuangan Anda.