Scroll untuk baca artikel
Shopee
Pinjaman

Memahami Kelebihan dan Hambatannya Kartu Kredit

Avatar photo
55
×

Memahami Kelebihan dan Hambatannya Kartu Kredit

Share this article
Memahami Kelebihan dan Hambatannya Kartu Kredit

Kartu kredit saat ini sudah menjadi elemen yang melekat dalam rutinitas kita sehari-hari. Mulai dari transaksi di mall hingga membayar makan malam di restoran, kartu kredit menawarkan metode yang cepat dan praktis.

Tapi, tahukah Anda esensi dari kartu kredit serta manfaat serta tantangan yang mungkin muncul dari penggunaannya? Mari kita dalami topik ini.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Apa Sih Kartu Kredit Itu?

Dalam terminologi dasar, kartu kredit dapat diartikan sebagai alat transaksi tanpa tunai yang dirilis oleh lembaga perbankan. Namun, di balik fungsi praktisnya, kartu kredit juga merupakan representasi dari kredit atau pinjaman.

Sebagai regulator keuangan di Indonesia, Bank Indonesia mendeskripsikan kartu kredit sebagai instrumen yang memudahkan pemegangnya untuk melakukan berbagai transaksi, seperti pembelanjaan atau bahkan penarikan dana.

Dengan menggunakannya, berarti kita sedang “meminjam” dana dari bank penerbit. Institusi ini, yang dikenal juga dengan sebutan acquirer, akan menyelesaikan pembayaran terlebih dulu, lalu pemegang kartu diharapkan untuk melunasi pinjaman tersebut sesuai dengan kesepakatan, entah secara keseluruhan atau dengan metode cicilan.

Manfaat dan Kendala Penggunaan

Sebelum memutuskan untuk memperoleh atau memanfaatkan kartu kredit, sangat penting untuk mengetahui pro dan kontranya. Kelebihan utamanya tentu saja adalah transaksi yang lebih sederhana dan adaptif.

Melalui kartu kredit, Anda terbebas dari kerepotan membawa banyak uang tunai dan mendapat akses ke fasilitas pinjaman saat membutuhkan. Namun, ada juga kendala yang mungkin dihadapi. Misalnya, adanya godaan untuk berbelanja melebihi anggaran.

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih boros saat berbelanja dengan kartu kredit dibanding tunai. Hal ini mungkin disebabkan karena saat menggunakan kartu kredit, seseorang kurang “merasakan” rasa sakit dari mengeluarkan uang.

See also  Manfaat dan Risiko Peningkatan Limit Kartu Kredit

Selain itu, manajemen keuangan yang kurang baik saat memanfaatkan kartu kredit bisa berujung pada tumpukan utang. Keterlambatan dalam pembayaran akan menyebabkan bunga yang membebani.

Tidak dapat dipungkiri, kartu kredit adalah instrumen finansial yang menawarkan banyak kepraktisan dalam kehidupan kita. Namun, seperti alat finansial lainnya, pemahaman menyeluruh dan penggunaan yang cermat adalah kunci.

Untuk Anda yang mungkin sedang mempertimbangkan kartu kredit atau sudah memilikinya, selalu utamakan prinsip kehati-hatian dan bijaksana dalam setiap transaksi. Dengan demikian, Anda bisa menikmati seluruh keuntungan kartu kredit tanpa terjebak dalam potensi risikonya.

Pahami dengan baik bagaimana kartu kredit beroperasi, seperti tingkat suku bunga, biaya tahunan, dan limit kredit yang diberikan. Membayar tepat waktu adalah esensi untuk menghindari sanksi dan beban tambahan. Dan selalu gunakan kartu kredit Anda dengan bijak, hindari pembelian impuls dan pastikan Anda memiliki strategi untuk melunasi tagihan.