Scroll untuk baca artikel
Shopee
Gadget

7 Teknik Mengambil Gambar Layar (Screenshot) di Laptop untuk Efisiensi Maksimal

Avatar photo
21
×

7 Teknik Mengambil Gambar Layar (Screenshot) di Laptop untuk Efisiensi Maksimal

Share this article
7 Teknik Mengambil Gambar Layar (Screenshot) di Laptop untuk Efisiensi Maksimal

Dalam dunia digital saat ini, kemampuan untuk mengambil gambar layar atau yang dikenal dengan istilah “screenshot” di laptop menjadi salah satu kebutuhan dasar. Seringkali kita memerlukan gambaran visual dari apa yang sedang kita lihat di layar untuk berbagai tujuan, seperti melampirkan bukti, memeriksa dokumen, atau mempersiapkan materi presentasi.

Dengan kata lain, kemampuan ini menjadi vital dalam memastikan kelancaran berbagai tugas sehari-hari. Menurut informasi dari skype.com, istilah ‘screenshot’ mengacu pada gambar atau foto dari tampilan layar komputer yang dapat disimpan sebagai file gambar.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan visualisasi dari konten layar, yang kemudian dapat dibagikan atau disimpan untuk keperluan tertentu. Sebelum melangkah lebih jauh, perlu dipahami bahwa teknik mengambil screenshot sebenarnya sederhana, asalkan Anda mengetahui kombinasi tombol atau metode yang tepat.

Mari kita eksplorasi tujuh teknik screenshot di laptop yang mudah, cepat, dan efisien:

1. Screenshot dengan Menggunakan Tombol PrintScreen + Alt:

Metode klasik ini memanfaatkan tombol PrintScreen. Tekan tombol PrintScreen, kemudian pindah ke aplikasi Paint atau sejenisnya, dan tekan Ctrl+V. Voila! Gambaran dari layar Anda sudah muncul di aplikasi tersebut.

2. Memanfaatkan Kombinasi Tombol Windows + Prt Sc:

Dengan menekan logo Windows bersamaan dengan tombol Print Screen (Prt Sc) pada keyboard, Anda akan menyaksikan layar komputer berkedip sejenak. Hal ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Gambar yang telah Anda ambil akan tersimpan secara otomatis di direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan Fitur Game Bar dengan Tombol Windows + G:

Metode ini memanfaatkan fitur game bar. Setelah menekan kombinasi tombol ini, sebuah panel game bar akan muncul, dimana Anda dapat memilih opsi ‘Capture’ untuk mengambil screenshot layar.

See also  3 Alasan Kritis Menurut Kaspersky untuk Perlindungan Smartphone

4. Penggunaan Snipping Tool:

Snipping Tool merupakan program bawaan Windows yang dirancang khusus untuk keperluan screenshot. Aktifkan dengan menekan tombol Startup Windows, Shift, dan S bersamaan. Anda dapat memilih bagian layar yang ingin di-capture dan menyimpannya dengan mudah.

5. Khusus Pengguna Windows Surface: Tombol Windows + Down:

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Windows Surface, Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan tombol Volume Down.

6. Metode Snip & Sketch:

Salah satu program screenshot bawaan Windows lainnya adalah Snip & Sketch. Anda cukup menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, tampilan layar akan muncul, dan Anda dapat memilih area yang ingin di-capture.

7. Memanfaatkan Tool dari Pihak Ketiga:

Banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan kemudahan dalam mengambil screenshot, di antaranya adalah Screenrec, Lightshot, dan ShareX. Tool-tool ini biasanya memiliki fitur tambahan yang mungkin tidak ditemukan pada tool bawaan laptop.

Sebagai kesimpulan, memahami berbagai cara untuk mengambil screenshot di laptop memang penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai tugas sehari-hari. Dengan berbagai metode yang telah diuraikan di atas, Anda memiliki opsi luas untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan begitu, Anda dapat mengambil, menyimpan, dan berbagi konten layar dengan lebih cepat dan mudah.

Kredivo Fashion