Scroll untuk baca artikel
Shopee
Gadget

Mencari Cara Mengecas Laptop dengan Benar

Avatar photo
24
×

Mencari Cara Mengecas Laptop dengan Benar

Share this article
Mencari Cara Mengecas Laptop dengan Benar

Perlu diketahui bahwa kebiasaan terus-menerus mengisi baterai laptop dapat mempersingkat umur baterainya. Tidak hanya itu, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan dan umur baterai laptop Anda.

Ketika Anda bergantung pada laptop setiap hari, tahu cara mengecasnya dengan benar adalah esensial. Meskipun mungkin terasa mudah – colokkan saja dan biarkan terisi – ada beberapa prinsip dasar yang harus Anda ketahui agar baterai laptop Anda tetap dalam kondisi terbaik.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Baterai Laptop: Dasar Pengetahuan

Menurut sumber dari PC World, baterai lithium di dalam laptop Anda memiliki voltase yang fluktuatif. Semakin penuh baterai, semakin tinggi voltasenya. Voltase ini berdampak langsung pada umur baterai.

Diketahui bahwa baterai yang terlalu sering dalam keadaan penuh atau hampir kosong memiliki potensi masa hidup yang lebih pendek. Itu sebabnya, jika Anda membiarkan laptop Anda terhubung ke charger terus-menerus, baterainya dapat mengalami kerusakan lebih cepat karena voltase yang terlalu tinggi.

Namun, bukan hanya voltase yang perlu diperhatikan. Suhu juga memainkan peran penting. Baterai yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kinerja dan umurnya. Oleh karena itu, menjaga suhu ideal antara 10-40 derajat Celcius adalah penting.

Cara Optimal Mengecas Baterai Laptop:

  1. Batasi Kapasitas Pengisian: PC World merekomendasikan agar baterai laptop Anda dijaga dalam kisaran 30% hingga 70% dari kapasitas maksimalnya. Saat mencapai batas tersebut, sebaiknya lepaskan charger.
  2. Manfaatkan Fitur Smart Charging: Untuk laptop modern, ada fitur Smart Charging yang membantu membatasi pengisian hingga 100%. Anda bisa mengaktifkan atau mematikannya sesuai kebutuhan.
  3. Hindari Charger Palsu: Menggunakan charger yang bukan asli atau berkualitas rendah dapat menyebabkan kerusakan pada baterai Anda.
  4. Ubah Profil Daya Windows: Baik di Windows 10 maupun 11, Anda bisa memilih profil daya yang cocok untuk kebutuhan Anda, mulai dari yang menghemat daya hingga yang meningkatkan kinerja.
  5. Atur Kecerahan Layar: Kecerahan layar yang tinggi memakan banyak daya. Sesuaikan kecerahan sesuai kebutuhan Anda.
  6. Manfaatkan Mode Airplane: Jika Anda bekerja tanpa koneksi internet, aktifkan mode Airplane. Ini akan memutus sinyal Wi-Fi dan Bluetooth, sehingga menghemat banyak energi.
See also  7 Hal WhatsApp Anda Dihack atau Disadap dan Cara Mengantisipasi

Mengapa Penting Memerhatikan Cara Mengecas:

Sebagai perangkat yang selalu Anda andalkan, menjaga kesehatan baterai laptop Anda adalah investasi jangka panjang. Baterai yang sehat memastikan Anda bisa bekerja tanpa gangguan, dan laptop Anda punya umur yang lebih panjang.

Mengerti bagaimana cara mengisi daya dengan benar bukan hanya tentang menjaga baterai tetap awet, tetapi juga tentang memaksimalkan efisiensi dan produktivitas Anda. Dengan rutin memeriksa kondisi baterai dan mengikuti saran di atas, Anda bisa mengoptimalkan kinerja laptop Anda dan memastikannya selalu siap saat Anda membutuhkannya.

Sebagai tambahan, selalu ingat bahwa perawatan rutin dan pemahaman mendalam tentang teknologi yang Anda gunakan adalah kunci untuk memanfaatkan sepenuhnya. Di era digital ini, memiliki laptop yang berfungsi dengan baik adalah aset berharga.

Oleh karena itu, investasi waktu dan perhatian Anda pada perawatan baterai adalah langkah cerdas untuk masa depan yang lebih cerah dan produktif.

Kredivo Fashion