Scroll untuk baca artikel
Shopee
Pinjaman

Kartu Kredit, Tinjauan Mendalam Mengenai Definisi, Keuntungan, Risiko, hingga Variannya

Avatar photo
20
×

Kartu Kredit, Tinjauan Mendalam Mengenai Definisi, Keuntungan, Risiko, hingga Variannya

Share this article
Kartu Kredit, Tinjauan Mendalam Mengenai Definisi, Keuntungan, Risiko, hingga Variannya

Di era digital saat ini, kartu kredit telah menjadi salah satu instrumen keuangan yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Dari berbagai lapisan masyarakat, dari kalangan muda hingga tua, kartu kredit telah menjadi bagian integral dari gaya hidup konsumtif dan modern. Namun, apa sejatinya kartu kredit?

Bagaimanakah keuntungan serta potensi risikonya? Dan adakah beragam jenis kartu kredit yang mungkin belum kita ketahui? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai hal tersebut.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Pengertian Kartu Kredit

Ketika mendengar kata “kartu kredit”, banyak dari kita yang mungkin dengan segera membayangkan selembar kartu plastik yang memungkinkan kita untuk berbelanja tanpa harus membayar tunai. Namun, di balik fungsinya yang praktis tersebut, kartu kredit memiliki definisi yang lebih kompleks.

Pada dasarnya, kartu kredit adalah bentuk dari pinjaman yang diberikan oleh perbankan kepada nasabahnya. Ini berarti, setiap kali Anda menggunakan kartu kredit, Anda sedang meminjam uang dari bank penerbit kartu.

Seperti yang dijelaskan oleh Bank Indonesia, kartu kredit atau yang dikenal juga dengan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), memfasilitasi pemegang kartu untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang muncul dari aktivitas ekonomi, seperti berbelanja atau bahkan menarik uang tunai.

Dalam mekanismenya, saat seseorang menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, pihak bank (atau yang dikenal dengan istilah acquirer atau penerbit) akan menanggung biaya transaksi tersebut terlebih dahulu.

Setelah itu, pemegang kartu berkewajiban untuk mengembalikan dana tersebut pada jangka waktu yang telah disepakati. Cara pembayarannya pun bervariasi, bisa dengan pelunasan penuh atau dengan cara mencicil.

Keuntungan dan Risiko Menggunakan Kartu Kredit

Seperti dua sisi mata uang, penggunaan kartu kredit membawa keuntungan sekaligus risiko.

See also  8 Layanan Pinjaman Online Tanpa Ribet 500 Ribu Langsung Cair

Dari segi keuntungan, kartu kredit tentunya memberikan kemudahan transaksi. Anda tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak dan risiko kehilangan uang pun berkurang. Selain itu, banyak kartu kredit yang menawarkan berbagai program promosi dan diskon yang menarik bagi pemegang kartu.

Namun di sisi lain, kartu kredit juga memiliki potensi risiko yang cukup besar. Terkadang, kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit bisa membuat seseorang jadi kurang bijaksana dalam berbelanja.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa seseorang cenderung lebih boros saat berbelanja menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa konsumen cenderung mengeluarkan lebih banyak uang saat menggunakan kartu kredit.

Ketidakmampuan dalam mengelola keuangan juga bisa menjerumuskan seseorang ke dalam lingkaran utang. Jika seseorang tidak mampu membayar tagihan tepat waktu, bunga yang dikenakan oleh perbankan bisa menjadi beban keuangan yang cukup berat.

Jenis-jenis Kartu Kredit

Saat ini, banyak bank yang menawarkan berbagai jenis kartu kredit dengan beragam fitur dan keunggulan. Ada kartu kredit yang ditujukan untuk kalangan eksekutif dengan berbagai fitur premium, ada juga kartu kredit untuk mahasiswa yang menawarkan batas kredit yang lebih rendah dan proses persetujuan yang lebih mudah.

Selain itu, ada juga kartu kredit yang menawarkan program reward untuk setiap transaksi, atau yang menawarkan diskon khusus di merchant tertentu. Salah satu jenis yang cukup populer adalah charge card.

Dengan kartu jenis ini, pemegang kartu diwajibkan untuk melunasi tagihan secara penuh setiap bulannya. Ini berbeda dengan kartu kredit reguler yang memungkinkan pemegang kartu untuk membayar tagihan dengan cara mencicil.

Kesimpulan

Kartu kredit, dengan segala kemudahan dan risikonya, memang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Penting bagi setiap pemegang kartu kredit untuk selalu bijaksana dalam setiap transaksinya agar dapat memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan sekaligus menghindari potensi risiko yang mungkin timbul.

Kredivo Fashion