Scroll untuk baca artikel
Shopee
Health

7 Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Avatar photo
27
×

7 Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Share this article
7 Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Musim panas dengan panasnya sinar matahari sering mendapat reputasi negatif sebagai gangguan atau bahaya potensial bagi kesehatan. Namun, jika kita melihat lebih dekat, matahari pagi memiliki banyak manfaat kesehatan yang sering diabaikan.

Memang, terik matahari di tengah hari mungkin berbahaya, tetapi kilauan emas di pagi hari memiliki keajaiban tersendiri untuk tubuh kita.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Latar Belakang Geografis dan Budaya

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, negara-negara di wilayah subtropis memiliki perubahan musim yang dinamis. Fluktuasi suhu antara musim panas dan musim dingin cukup ekstrem dan mempengaruhi tubuh kita.

Sementara di negara-negara tropis, variasi suhu tidak terlalu ekstrem. Kebutuhan akan sinar matahari di negara beriklim dingin seringkali memunculkan terapi cahaya sebagai solusi.

Sinar Matahari sebagai Sumber Vitalitas

Menurut Universitas Gadjah Mada, sinar matahari adalah sumber utama vitamin D alami yang esensial bagi tubuh. Vitamin ini adalah komponen penting yang mendukung sistem imun tubuh kita. Mari kita eksplorasi lebih lanjut manfaat ajaib sinar matahari pagi:

1. Penguatan Vitamin D

Tulang, gigi, dan otot memerlukan vitamin D untuk tumbuh dengan optimal. Vitamin D mendukung penyerapan kalsium dan fosfor di usus kita. Oleh karena itu, menjemur diri di bawah sinar matahari pagi adalah salah satu cara terbaik untuk memperkaya tubuh dengan vitamin ini.

Selain mendukung struktur tubuh, vitamin D juga membantu dalam mencegah sejumlah penyakit seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

2. Kualitas Tidur Maksimal

Sinar matahari pagi memiliki peran penting dalam mengatur ritme sirkadian tubuh kita. Dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur, meningkat saat malam hari, memastikan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

See also  7 Fungsi Utama Paprika dalam Ilmu Keshatan

3. Terapi untuk Kulit

Eksim, psoriasis, dan jerawat adalah beberapa kondisi kulit yang dapat diatasi dengan paparan sinar matahari pagi. Meskipun begitu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum memutuskan untuk menjemur kulit, terutama jika ada kondisi medis tertentu.

4. Regulasi Tekanan Darah

Sebuah penelitian menarik dari University of Auckland mengungkapkan bahwa sinar matahari dapat mengurangi tekanan darah. Ini terjadi ketika kulit kita menyerap sinar matahari dan memulai produksi oksida nitrat, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.

5. Pencegahan Kanker

Walaupun paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit, dengan kontrol yang tepat, sinar matahari pagi dapat membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker lain.

6. Optimalisasi Fungsi Otak

Ada bukti yang menunjukkan bahwa sinar matahari pagi dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan berpikir kita. Bagian otak yang dikenal sebagai thalamus merespons panjang gelombang tertentu dari sinar matahari, meningkatkan kewaspadaan kita.

7. Kesehatan Gigi

Sinar matahari pagi juga berkontribusi pada kesehatan gigi kita. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di daerah beriklim cerah memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah gigi berlubang.

Kesimpulan

Matahari pagi adalah anugerah alam yang sering dianggap sepele. Di balik teriknya, sinar matahari pagi menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan kita. Meskipun musim panas bisa terasa mengganggu bagi beberapa orang, kita seharusnya menghargai dan memanfaatkan sinar matahari pagi untuk kesejahteraan tubuh kita.

Kredivo Fashion