Scroll untuk baca artikel
Shopee
Destinasi

14 Destinasi Wisata di Sekitar Kaki Gunung Slamet

Avatar photo
27
×

14 Destinasi Wisata di Sekitar Kaki Gunung Slamet

Share this article
14 Destinasi Wisata di Sekitar Kaki Gunung Slamet

Gunung Slamet, yang terletak di provinsi Jawa Tengah, bukan hanya sekadar stratovolcano biasa yang mendominasi langit dengan kerucutnya yang anggun, tetapi juga sebuah keajaiban alam yang memperindah lima kabupaten yang mengelilinginya, yaitu Brebes, Purbalingga, Banyumas, Tegal, dan Pemalang.

Kawasan luas di sekitar kaki Gunung Slamet, yang mencakup wilayah-wilayah dari lima kabupaten yang berbeda, adalah sumber berbagai destinasi wisata yang menawan dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Mulai dari aktivitas rekreasi hingga pengalaman religius yang mendalam, dalam artikel ini kami akan membawa Anda menjelajahi 14 tempat wisata yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi di sekitar Gunung Slamet.

1. Agrowisata Kaligua

Terletak di ketinggian sekitar 1.500-2.050 meter di atas permukaan laut, tempat ini dikenal dengan udara segarnya yang khas. Dengan suhu yang berkisar antara 4 hingga 20°C, Anda akan benar-benar merasakan kesegaran alam di sini. Agrowisata Kaligua menawarkan berbagai aktivitas terkait pertanian dan kebun.

2. Gua Maria Kaliori

Bagi umat Nasrani, gua ini adalah tempat wisata religi yang sangat penting. Dengan pemandangan bukit yang menakjubkan, gua ini merupakan salah satu gua terbesar di Indonesia dan seringkali digunakan untuk persembahan dan ibadah.

3. Curug Tempuran

Tersembunyi di Kabupaten Purbalingga, Curug Tempuran menawarkan panorama alam yang memukau dan suasana yang sejuk, menjadi tempat yang sempurna untuk merenung dan menikmati keindahan alam. Air terjun yang mengalir deras di sini menciptakan latar belakang yang menakjubkan.

4. Alun-alun Banyumas

Alun-alun ini terletak di Jl. Jaya Sirayu, Mruyung, Sudagaran, Banyumas, sehingga sangat mudah diakses. Dengan ikon pesawat terbang yang mengesankan dan air mancur yang menari-nari, tempat ini memiliki daya tarik unik tersendiri. Alun-alun Banyumas adalah tempat yang bagus untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

See also  8 Destinasi Pantai Menawan yang Harus Anda kunjungi di Lamongan

5. Pancuran Pitu Baturaden

Tempat ini adalah sumber air panas dengan kandungan belerang yang tinggi. Sesuai namanya, terdapat satu pancuran yang siap untuk merelaksasi tubuh dan pikiran Anda. Ini adalah tempat yang ideal untuk berendam dan merasakan manfaat penyembuhan air panas alami.

6. Guci Forest

Menawarkan pengalaman menginap di villa atau berkemah di tengah hutan pinus yang rindang, sambil menikmati pemandian air panas yang menenangkan. Guci Forest memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk terhubung dengan alam dan merasakan ketenangan.

7. Kebun Raya Baturaden

Berada di ketinggian antara 702 hingga 1.076 meter di atas permukaan laut, kebun ini menampilkan beragam koleksi tanaman yang menarik. Ini adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang berbagai spesies tumbuhan dan menikmati alam.

8. Kutabawa Flower Garden

Kebun bunga ini memamerkan berbagai jenis bunga yang ditanam dengan estetika tinggi, menjamin pengalaman berfoto yang memukau. Jelajahi kebun ini dan nikmati keindahan bunga-bunga yang bermekaran di berbagai warna.

9. Curug Jenggala

Menyajikan pemandangan tiga aliran air terjun dengan banyak spot foto Instagramable. Anda dapat mendaki ke lokasi air terjun dan merasakan keajaiban alam yang indah di Curug Jenggala.

10. Owabong

Singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari, tempat ini dilengkapi dengan kolam renang dan berbagai wahana yang cocok untuk keluarga. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati air segar di tengah alam.

11. D’las Lembah Asri

Tempat ini menawarkan berbagai wahana edukatif seperti flying fox, berkuda, dan memetik stroberi. D’las Lembah Asri adalah destinasi yang ideal untuk keluarga yang mencari petualangan dan pembelajaran.

12. Kampung Kurcaci

Hutan seluas 3,5 hektar ini, dengan pohon Damar yang sudah berumur puluhan tahun, mengusung konsep dunia kurcaci. Pengunjung dapat menjelajahi hutan ini dan merasakan keajaiban alam yang tersimpan di dalamnya.

See also  12 Tempat Wisata Favorit yang Wajib Dikunjungi di Bandungan Semarang

13. Telaga Sunyi

Telaga yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun ini memiliki sumber air yang berasal dari mata air Gunung Slamet. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai, memancing, atau sekadar menikmati ketenangan alam.

14. Small World

Bagi pencinta selfie, tempat ini adalah surga. Anda dapat berfoto dengan latar belakang replika bangunan terkenal dunia dan pemandangan indah seperti di musim sakura. Small World adalah destinasi yang cocok untuk berbagi momen indah dengan teman-teman dan keluarga.

Dengan mengakhiri ulasan ini, kami ingin mengingatkan Anda bahwa kawasan kaki Gunung Slamet memiliki pesona yang menunggu untuk Anda jelajahi. Dari 14 rekomendasi di atas, destinasi mana yang paling Anda impikan?

Jangan menunggu lebih lama, segera rencanakan perjalanan Anda dan nikmati keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Slamet dan sekitarnya! Gunung Slamet dan sekitarnya adalah tempat yang cocok untuk berlibur, bersantai, dan menikmati pesona alam yang luar biasa.

Kredivo Fashion