Scroll untuk baca artikel
Shopee
Destinasi

Gili Meno, Menikmati Keindahan Wisata Bahari di Pulau Lombok

Avatar photo
44
×

Gili Meno, Menikmati Keindahan Wisata Bahari di Pulau Lombok

Share this article
Gili Meno, Menikmati Keindahan Wisata Bahari di Pulau Lombok

Gili Meno, terletak di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Lombok, merupakan salah satu tujuan wisata yang belum banyak terjamah dan menyimpan berbagai keajaiban alam bawah laut. Meskipun banyak yang lebih familiar dengan Bali atau Yogyakarta saat mendengar tentang pariwisata di Indonesia, Gili Meno menawarkan sesuatu yang berbeda: ketenangan dan keindahan alam yang masih asli.

Latar Belakang dan Lokasinya

Dikenal sebagai saudara tiri dari Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Meno mungkin kurang mendapatkan sorotan. Namun, di balik ketenangannya, pulau ini memiliki pesona tersendiri. Berlokasi di wilayah Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Gili Meno menjadi pulau terkecil diantara ketiganya, namun dengan pesona yang tak kalah memukau.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Petualangan Menuju Gili Meno

Untuk mencapai Gili Meno dari Lombok, Anda akan melewati serangkaian perjalanan yang memikat. Mulai dari perjalanan darat dari Kota Mataram menuju Pelabuhan Bangsal yang memakan waktu sekitar dua jam, diikuti dengan perjalanan laut yang singkat namun penuh panorama.

Bagi yang berada di Gili Trawangan, ada beberapa pilihan kapal untuk menuju Gili Meno.

Kemegahan Alam Bawah Laut

Salah satu daya tarik utama Gili Meno adalah kekayaan alam bawah lautnya. Dengan air laut yang bening berkilauan biru dan hijau, pengunjung dapat dengan mudah menyaksikan keajaiban terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya.

“Nest”, patung bawah laut hasil karya Jason deCaires Taylor, menjadi salah satu daya tarik utama dengan 48 patung manusia yang menjadi rumah bagi kehidupan laut di sekitarnya. Selain itu, keberadaan penyu di Meno Wall menambah daftar kekayaan alam bawah laut yang bisa dinikmati di sini.

Aktivitas Memikat di Gili Meno

Tak hanya menyelam, Gili Meno menawarkan berbagai aktivitas lain yang tak kalah menarik. Mengunjungi Danau Meno, sebuah danau air asin yang dikelilingi hutan mangrove, bisa menjadi pilihan.

See also  8 Destinasi Pantai Menawan yang Harus Anda kunjungi di Lamongan

Anda bisa menyaksikan warga lokal yang sedang memancing atau menikmati kehadiran burung-burung eksotis seperti elang. Mengelilingi pulau dengan sepeda juga menjadi pilihan menarik, mengingat pulau ini bebas dari polusi kendaraan bermotor.

Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum memutuskan untuk menjelajahi Gili Meno, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ketersediaan ATM yang terbatas memerlukan Anda untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup.

Bagi yang berencana menyelam, memiliki dasar keterampilan berenang adalah hal yang esensial. Selain itu, mempersiapkan fisik untuk berjalan kaki atau bersepeda di sepanjang pulau juga perlu diperhatikan.

Kesimpulan

Meskipun mungkin belum setenar beberapa destinasi wisata lainnya di Indonesia, Gili Meno menawarkan pengalaman unik yang tak terlupakan. Dengan kombinasi keindahan alam bawah laut, ketenangan, serta gaya hidup lokal yang otentik, pulau ini layak mendapat tempat di daftar tujuan wisata Anda.

Bagi Anda yang ingin melepas penat dan mencari kedamaian, Gili Meno menanti dengan segala pesonanya.