Scroll untuk baca artikel
Shopee
Destinasi

Eksplorasi Sarae Me’e Bima, Kemegahan Antara Kolam dan Batu Karang

Avatar photo
34
×

Eksplorasi Sarae Me’e Bima, Kemegahan Antara Kolam dan Batu Karang

Share this article
Eksplorasi Sarae Me'e Bima, Kemegahan Antara Kolam dan Batu Karang

Ketika berbicara tentang keindahan alam yang ditawarkan oleh Indonesia, tak akan ada habisnya. Negara kepulauan ini menawarkan berbagai keindahan, mulai dari pegunungan hingga pantai.

Salah satu keajaiban yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang terletak di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Kabupaten Bima. Lokasi ini bukan hanya menawarkan panorama alam yang indah, namun juga menyimpan sejarah dan kebudayaan yang kaya.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Sarae Me’e: Sebuah Keajaiban di Pantai Bima

Pantai ini dikenal dengan nama Sarae Me’e, yang jika diterjemahkan memiliki arti ‘Pasir Hitam’. Seperti namanya, pantai ini menawarkan keunikan pasir hitam yang langka. Tapi bukan hanya itu, apa yang menjadikannya spesial adalah kolam-kolam alami yang muncul di antara batu karang saat air laut surut.

Dekat dengan pusat kota, tepatnya di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Sarae Me’e menanti untuk dieksplorasi. Sepanjang pantainya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memukau. Sejumlah kubangan dengan air laut yang jernih berada di sana, mengalir lembut melalui celah-celah batu karang, seolah-olah memecah kesunyian pantai.

Pengalaman Tak Terlupakan di Sarae Me’e

Banyak hal yang bisa Anda nikmati di pantai ini:

  1. Momen Air Laut Surut: Salah satu hal yang wajib Anda saksikan adalah ketika air laut surut. Pemandangan kubangan dengan air yang jernih akan muncul, seperti cermin alam yang menggoda siapa saja untuk berenang. Dikelilingi batuan yang ditumbuhi lumut hijau, pengalaman berenang di sini akan menjadi salah satu momen yang tak terlupakan.
  2. Misteri Batu Kapal: Selain keindahan alamnya, Sarae Me’e juga menyimpan misteri. Ada batu berbentuk kapal yang konon merupakan jejak sejarah ratusan tahun yang lalu. Meskipun belum ada yang tahu pasti cerita di balik batu ini, namun keberadaannya menambah daya tarik pantai ini.
  3. Spot Snorkeling: Bagi Anda yang suka berpetualang di bawah air, Sarae Me’e menawarkan spot snorkeling dengan keindahan bawah laut yang masih alami. Karang yang masih terjaga dengan baik, biota laut yang beragam, semuanya siap menyambut Anda.
  4. Kuliner Khas Bima: Jangan lupa mencicipi kuliner lokal saat Anda berada di sana. Beberapa penjual menawarkan ikan segar dan berbagai minuman khas daerah yang siap menggoyang lidah Anda.
See also  3 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Cibinong

Harapan untuk Sarae Me’e

Sayangnya, meskipun menawarkan keindahan yang tak tertandingi, pantai ini belum mendapatkan perhatian yang maksimal dari Pemerintah Daerah Bima. Fasilitas penunjang yang seharusnya ada untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung, seperti gazebo, tempat duduk, dan musala, belum tersedia.

Keadaan ini tentunya menjadi catatan bagi pemerintah setempat untuk lebih mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki oleh Sarae Me’e.

Refleksi

Sarae Me’e Bima bukan hanya sekadar pantai biasa. Dengan beragam pesona yang dimilikinya, pantai ini seolah mengajak setiap pengunjungnya untuk tenggelam dalam keindahannya. Tak hanya itu, pantai ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia masih memiliki banyak permata tersembunyi yang siap untuk dieksplorasi.

Semoga saja, dengan meningkatnya kesadaran akan keindahan dan potensi yang dimiliki, Sarae Me’e dapat semakin dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Bima.

Kredivo Fashion