Scroll untuk baca artikel
Shopee
Destinasi

12 Tempat Wisata Favorit yang Wajib Dikunjungi di Bandungan Semarang

Avatar photo
35
×

12 Tempat Wisata Favorit yang Wajib Dikunjungi di Bandungan Semarang

Share this article
12 Tempat Wisata Favorit yang Wajib Dikunjungi di Bandungan Semarang

Bandungan, yang berlokasi di Semarang, adalah salah satu destinasi wisata yang memikat banyak pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Dengan pemandangan alamnya yang memesona, area ini menawarkan keindahan serta sejarah yang menggoda para penjelajah.

1. Candi Gedong Songo

Terletak di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Candi Gedong Songo merupakan refleksi dari masa keemasan Dinasti Sanjaya. Disebutkan dalam situs Peta Budaya Kemdikbud, kompleks ini memiliki kemiripan dengan kompleks Candi di Dieng, Wonosobo.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Walaupun dikenal memiliki sembilan candi, hanya lima yang masih dalam kondisi utuh, dimulai dari Candi Gedung I hingga Candi Gedung V di posisi tertinggi. Tiket masuk bagi warga lokal dibanderol Rp 15 ribu, sedangkan untuk wisatawan asing seharga Rp 75 ribu. Tempat ini buka dari jam 07.00 hingga 16.00 WIB.

2. Umbul Sidomukti

Sebuah oasis di lereng Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti menawarkan kolam renang alami bertingkat dengan kedalaman yang berbeda-beda. Pengunjung dapat menikmati latar belakang pegunungan serta fasilitas outbond yang mencakup panahan, airsoftgun, flying fox, dan banyak lagi. Dengan tiket masuk hanya Rp 20 ribu, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah Ambarawa dan Rawa Pening.

3. Ayanaz Gedongsongo

Dikenal dengan 35 spot fotonya yang Instagramable, Ayanaz Gedongsongo berada dalam satu kawasan dengan Candi Gedong Songo. Selain spot foto, pemandangan alam di sini juga luar biasa indah. Tiket masuk di hari kerja untuk dewasa seharga Rp 25.000, sedangkan anak-anak Rp 15.000. Di akhir pekan, dewasa dikenakan tarif Rp 30.000.

4. Taman Bunga Celosia:

Menciptakan atmosfer Eropa di tengah Jawa Tengah, Taman Bunga Celosia dilengkapi dengan kincir angin dan bunga-bunga asli Eropa. Selain itu, ada juga miniatur dari beberapa landmark dunia. Dengan tiket masuk Rp 25.000 di hari kerja dan Rp 30.000 di akhir pekan, pengunjung bisa merasakan nuansa Eropa.

See also  Curug Pangeran, Destinasi Liburan Menarik di Balik Misteri Gunung Halimun Salak

5. Setiya Aji Flower Farm

Sebagai surga bagi pecinta bunga, Setiya Aji Flower Farm menawarkan berbagai jenis bunga yang tumbuh subur di lingkungan yang sejuk. Pengunjung bisa menikmati keindahan bunga dengan tiket masuk hanya Rp 7.500.

6. Alun-alun Bandungan

Alun-alun ini adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin menenangkan diri sambil menikmati pemandangan Rawa Pening. Selain itu, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari berolahraga, menikmati kuliner setempat, atau hanya sekadar bersantai. Yang terbaik dari semua ini adalah akses gratis ke alun-alun.

7. Wisata Legok Madu: Sebuah Oase Tengah Kota

Terletak di jantung Bandungan, Wisata Legok Madu memang seperti permata tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan. Saat memasuki area ini, Anda akan disambut oleh variasi warna bunga yang berbeda. Tidak hanya itu, aroma segar dari berbagai jenis bunga seolah membebaskan pikiran dari kesibukan sehari-hari.

Namun, tidak hanya bunga yang menjadi daya tarik di sini. Taman Kelinci, yang berlokasi di salah satu sudut taman, menjadi surga bagi mereka yang mencintai hewan. Bayangkan berjalan-jalan sambil ditemani kelinci-kelinci yang lucu berlarian di sekitar Anda. Taman ini cocok untuk segala usia dan pasti akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

8. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Jika Anda adalah pecinta kopi, Pondok Kopi Umbul Sidomukti adalah destinasi wajib kunjung. Berlokasi di dataran tinggi Bandungan, kafe ini menawarkan kombinasi sempurna antara minuman kopi berkualitas dan panorama alam yang mempesona.

Saat matahari mulai tenggelam, duduk di salah satu kursi teras sambil menyeruput kopi pilihan Anda bisa menjadi momen paling menenangkan. Ditambah dengan sajian menu makanan yang lezat, menjadikannya tempat yang sempurna untuk melepas penat.

See also  14 Destinasi Wisata di Sekitar Kaki Gunung Slamet

9. Sunrise Hill Gedong Songo

Mencari tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit? Sunrise Hill Gedong Songo adalah jawabannya. Namun, lebih dari sekadar matahari terbit, destinasi ini juga menawarkan berbagai spot foto dengan latar belakang pakaian adat dari berbagai belahan dunia. Untuk mereka yang mencari sensasi berbeda, Kampung Horor di area ini siap memberikan adrenalin tambahan.

10. Susan Spa & Resort Bandungan

Sebagai salah satu resort mewah di Bandungan, Susan Spa & Resort menjanjikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Setiap kamar di sini menawarkan pemandangan alam yang tiada duanya.

Bayangkan terjaga dari tidur dan disambut dengan pemandangan pegunungan yang memukau. Resort ini juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi yang akan memanjakan Anda selama menginap.

11. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Berbeda dengan resort lainnya, Pondok Wisata Umbul Sidomukti menawarkan konsep menginap yang unik dengan sentuhan alami. Dinding kamar mandi yang terbuat dari batu alami dan desain kamar yang eksotis akan memberikan Anda pengalaman menginap yang berbeda.

12. I’AMpelgading Homeland Semarang

Meskipun saat ini sedang dalam masa renovasi, IAMpelgading Homeland tetap menjadi salah satu destinasi yang paling dinantikan. Dengan berbagai aktivitas outdoor yang menantang, seperti outbond dan camping, tempat ini cocok bagi Anda yang mencari petualangan.

Kesimpulan

Bandungan, dengan segala pesonanya, menawarkan pengalaman wisata yang beragam. Baik Anda seorang pecinta alam, petualang, atau hanya ingin bersantai, Bandungan memiliki segalanya. Jadi, saat merencanakan liburan berikutnya, jangan lupa untuk memasukkan Bandungan dalam daftar kunjungan Anda.

Kredivo Fashion