Scroll untuk baca artikel
Shopee
Beauty

10 Istilah dalam Dunia Kecantikan yang Wajib Diketahui Saat Berkunjung ke Salon

Avatar photo
20
×

10 Istilah dalam Dunia Kecantikan yang Wajib Diketahui Saat Berkunjung ke Salon

Share this article
10 Istilah dalam Dunia Kecantikan yang Wajib Diketahui Saat Berkunjung ke Salon

Wanita selalu berupaya untuk mendapatkan kulit wajah yang berseri, bersinar, dan bebas noda. Ada berbagai perawatan yang ditawarkan untuk mencapai kecantikan tersebut.

Namun, dengan banyaknya istilah dalam perawatan kecantikan, kerap membuat kita bingung saat harus memilih. Oleh karena itu, penting untuk memahami istilah-istilah tersebut sebelum mengunjungi salon.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Sebelum memutuskan perawatan apa yang sesuai, setiap wanita sebaiknya mengerti dulu tentang istilah-istilah yang ada di dunia kecantikan. Ingin mengetahui lebih banyak lagi? Berikut ulasan dari detikJatim:

1. Chemical Peeling

Perawatan ini fokus pada pengelupasan kulit dengan metode kimia. Tujuannya adalah untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker dalam waktu lama. Chemical peeling membantu menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit, serta mendorong regenerasi kulit agar terhindar dari penuaan dini.

2. Dermapen

Merupakan terapi dengan alat yang memiliki jarum-jarum halus. Alat ini ditusukkan ke permukaan wajah atau area tertentu yang memerlukan perbaikan. Tujuan utamanya adalah merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit.

3. Mikrodermabrasi

Perawatan ini berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah dan meningkatkan kesehatannya. Proses mikrodermabrasi melibatkan pengelupasan dengan kristal mikro guna menghilangkan sel kulit mati. Hal ini dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan mengurangi garis halus.

4. Intense Pulse Light Acne (IPL)

IPL memanfaatkan cahaya dari lampu xenon untuk merawat wajah. Manfaatnya meliputi mengeringkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit. Berbeda dengan laser, IPL menarget area kulit yang lebih luas, sedangkan laser hanya fokus pada titik tertentu.

5. Elektrocautery

Metode ini digunakan untuk menghilangkan jaringan mati di permukaan kulit, seperti kutil, tahi lalat, komedo yang mengeras, dan lainnya, agar penampilan menjadi lebih menawan.

See also  15 Merk Kosmetik Lokal, Mulai dari Skincare hingga Kosmetik Wajah

6. Terapi Plasma Kaya Platelet

Terapi Plasma Kaya Platelet (PRP) Acne, juga dikenal dengan nama Vampire Treatment, adalah metode perawatan kulit dengan memanfaatkan plasma dari darah pasien. Hanya dokter yang berkompeten yang dapat melakukan prosedur ini, di mana darah pasien diambil dan diproses dalam kondisi steril.

Plasma yang telah diolah akan disuntikkan kembali ke wajah pasien. Plasma ini diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan jerawat dan meremajakan kulit. Selain itu, terapi ini juga berpotensi memacu pertumbuhan rambut.

7. Perawatan Laser Lesurfacing

Perawatan Laser Lesurfacing adalah metode yang memanfaatkan teknologi laser untuk meningkatkan tekstur dan tampilan kulit, yang hanya boleh dilakukan oleh dokter kecantikan. Terdapat dua tipe dalam metode ini: laser ablatif dan non-ablatif.

Laser ablatif, yang mengandung karbon dioksida atau erbium, bertujuan untuk mengatasi bekas luka, kerutan dalam, dan kutil. Erbium khususnya efektif untuk garis-garis halus dan masalah permukaan kulit lainnya.

Keduanya bekerja dengan membentuk jaringan kulit baru. Sebaliknya, laser non-ablatif berfokus pada pengobatan rosacea, jerawat, pembuluh darah, dan laba-laba, tanpa menghilangkan lapisan kulit.

8. Terapi Mesotherapy Acne

Terapi Mesotherapy Acne adalah pendekatan perawatan yang melibatkan serum yang kaya vitamin dan mineral alami untuk mengatasi jerawat. Serum diberikan ke kulit dengan bantuan sinar LED, dan proses ini tidak menyakitkan.

Selain itu, prosedur ini juga membantu mencegah penuaan dini. Metode ini juga memperkenalkan suntikan acne yang mengandung kortikosteroid, yang disuntikkan langsung ke area kulit yang berjerawat. Ini membantu mengurangi peradangan jerawat dan mengatasi bekasnya. Suntikan ini efektif untuk mengatasi berbagai jenis jerawat seperti papula, nodul, dan kista.

9. Pencerahan Kulit

Bagi Anda yang mendambakan kulit yang lebih cerah, perawatan pencerahan kulit bisa menjadi pilihan. Ini adalah metode untuk mencerahkan kulit, termasuk wajah dan tubuh, dengan menggunakan produk khusus yang memiliki kandungan pencerah.

See also  5 Cara Simpel Memancarkan Kecantikan dan Elegansi di Hadapan Semua Orang

Metode ini dapat dengan aman dipadukan dengan prosedur lain seperti chemical peeling, terapi infus pencerah, serta suplemen nutrisi kulit. Keuntungan dari perawatan pencerahan ini meliputi hidrasi kulit, penyeimbangan warna kulit, dan berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

10. Prosedur Threadlift

Threadlift, atau dikenal juga dengan “tanam benang”, adalah teknik non-invasif yang ditujukan untuk mengencangkan area seperti wajah, rahang, dan leher. Tujuannya adalah untuk meremajakan kulit yang mulai mengendur seiring bertambahnya usia.

Dalam prosedur ini, benang khusus ditanamkan ke bawah kulit menggunakan jarum. Benang tersebut lalu berfungsi untuk menahan dan mengangkat bagian kulit yang kendur, memberikan tampilan yang lebih kencang dan muda. Selain itu, prosedur ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Dengan penjelasan di atas, Anda kini lebih memahami berbagai istilah dalam dunia perawatan kecantikan. Jadi, perawatan apa yang Anda tertarik untuk coba?

Kredivo Fashion