Scroll untuk baca artikel
Shopee
Game

Inilah 10 Game Bertema Olahraga yang Paling Digemari di Dunia

Avatar photo
21
×

Inilah 10 Game Bertema Olahraga yang Paling Digemari di Dunia

Share this article
Game Bertema Olahraga

Temukan berbagai game bertema olahraga yang paling digemari di dunia, dari sepak bola hingga balap mobil, dan rasakan sensasi permainan yang mendebarkan!

Dalam dunia video game, tema olahraga telah menjadi salah satu genre yang paling diminati oleh berbagai kalangan.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Tidak hanya menghibur, game bertema olahraga juga menawarkan simulasi dan pengalaman yang mendekati kenyataan, memungkinkan para penggemar untuk merasakan sensasi menjadi atlet profesional dari berbagai cabang.

Dari sepak bola hingga balapan mobil, berikut ini adalah sepuluh video game bertema olahraga yang tidak hanya berhasil menarik minat para gamer di seluruh dunia tetapi juga mencatat rekor penjualan yang fantastis sepanjang masa.

1. FIFA/EAFC

Simulasi sepak bola ini diakui sebagai game sepak bola terbaik dan terlaris di dunia oleh Guinness World Records. FIFA, yang merupakan salah satu game tertua, memulai debutnya pada tahun 1995 dengan judul FIFA 95.

Awalnya, game ini dikembangkan oleh Extended Play Production dan kemudian diteruskan oleh EA Vancouver dan EA Romania. Seri FIFA ini tersedia dalam 18 bahasa dan telah dirilis di 51 negara.

Namun, tampaknya tidak lama lagi kita akan mengganti sebutan untuk game ini menjadi EAFC, karena kontrak antara FIFA dan EA akan berakhir pada tahun 2024 dan game tersebut akan berganti nama menjadi EAFC 24.

Beberapa perbedaan antara FIFA dan Pro Evolution Soccer juga terlihat dari kelengkapan mode yang ditawarkan.

2. Mario Kart

Game ini adalah bagian dari waralaba Super Mario dan merupakan seri balapan yang merupakan spin-off dari Super Mario. Perlombaan ini menggunakan kendaraan jenis Go-kart yang dilengkapi dengan berbagai item kekuatan yang beragam, serta menampilkan beberapa adegan pertempuran.

Mario Kart dikembangkan oleh Nintendo EAD dan diterbitkan oleh Nintendo, memulai debutnya pada tahun 1992 dengan judul Super Mario Kart. Game dengan genre Kart Racing ini telah memiliki 14 edisi dan tersedia di tiga konsol Nintendo: SNES, Gameboy, dan Arcade.

3. Need for Speed

Need for Speed
Foto: X/My Abandonware

Need for Speed (NFS) adalah salah satu waralaba paling sukses dan tertua yang diterbitkan oleh EA, dikembangkan oleh Criterion Games. Meski begitu, sejak debutnya, NFS tidak dirilis di bawah naungan EA Sports.

Game ini menawarkan simulasi balapan mobil jalanan ilegal, dengan sejumlah mode permainan yang melibatkan kejar-kejaran dengan polisi. Seri Need for Speed dikembangkan oleh berbagai pengembang termasuk EA Canada, EA Black Box, Slightly Mad Studios, dan Ghost Game.

Sebagai salah satu game paling populer sepanjang masa, waralaba ini juga telah merambah ke media lain seperti film dan produk kolaborasi resmi dengan Hotwheels.

4. Madden NFL

Madden NFL adalah simulasi sepak bola Amerika, yang awalnya dikenal dengan nama John Madden Football sejak tahun 1988.

Dikembangkan oleh EA Orlando dan diterbitkan oleh EA Sports, debutnya diubah menjadi Madden NFL pada tahun 1990 atas desakan John Madden yang menginginkan game tersebut dibuat semenyatakan mungkin.

Sejak tahun 2004, video game ini menjadi satu-satunya game yang memiliki lisensi resmi NFL sebagai simulasi sepak bola Amerika.

Nama “Madden” sendiri diambil dari John Madden, seorang legenda pelatih NFL yang telah pensiun. Madden NFL menawarkan berbagai mode pertandingan dan karir yang sangat mirip dengan kenyataan.

5. Wii Sports

Wii Sports, sebuah simulasi olahraga yang dikembangkan oleh Nintendo Entertainment and Analysis & Development Division, diterbitkan oleh Nintendo pada tahun 2006.

Game ini dirancang sebagai game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di konsol Wii dan merupakan game olahraga pertama yang dirilis bersamaan dengan peluncuran konsol Wii pada tahun yang sama.

Wii Sports mencakup lima jenis olahraga: Tinju, Tenis, Baseball, Bowling, dan Golf. Game ini menggunakan sistem Motion Sensing dari Wii Remote, menjadikannya salah satu game semi virtual reality pertama di dunia.

6. Pro Evolution Soccer

E-Football PES adalah video game simulasi sepak bola yang dikembangkan oleh Konami Digital Entertainment dan didistribusikan oleh KONAMI. Game ini telah diterbitkan dalam berbagai edisi, dengan total 18 edisi sejak debutnya pada tahun 1995 dengan nama Winning Eleven.

E-Football PES dikenal sebagai salah satu pesaing terbesar FIFA, yang bahkan disebut dalam artikel di The Guardian sebagai “The Greatest Rivalry of Video Game”. Simulasi sepak bola ini tersedia di berbagai platform, termasuk di ponsel pintar.

7. NBA 2K

NBA 2K, video game simulasi basket yang lebih baru dibandingkan NBA LIVE, memulai debutnya pada tahun 1999. Game ini dikembangkan oleh Visual Concept Entertainment, Saber Interactive, dan Cat Daddy Games.

Game ini secara khusus meniru sistem dari National Basketball Association. Serial ini awalnya diterbitkan oleh SEGA, kemudian dilanjutkan oleh 2K dengan merilis edisi NBA 2K6 pada tahun 2006. Sejak debutnya, NBA 2K telah mengeluarkan 24 edisi hingga saat ini.

Hingga tahun 2018, saingan utamanya adalah NBA LIVE. Game ini menawarkan berbagai mode permainan dan teknis yang sangat menyerupai permainan basket asli.

8. Gran Turismo

Gran Turismo
Foto: X/Share Game Play

Gran Turismo (GT), game simulasi balapan mobil, memulai debutnya pada tahun 1997. Dikembangkan oleh Polyphony Digital dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment, GT adalah karya eksklusif yang hanya dapat dimainkan pada konsol Sony PlayStation.

Game ini menawarkan simulasi realistis dari penampilan dan kinerja berbagai jenis kendaraan, banyak di antaranya adalah versi virtual dari kendaraan nyata.

Diciptakan oleh Kazunori Yamauchi dan timnya selama lima tahun, game ini populer karena grafisnya yang mengesankan dan detail kendaraan yang akurat, bersama dengan emulasi fisika yang sangat mendekati kenyataan.

Gran Turismo bahkan telah diadaptasi menjadi film, berdasarkan kisah nyata karir Jann Mardenborough, dan memiliki alat simulasi yang memetakan situasi dunia nyata.

9. WWE 2K

WWE 2K, video game simulasi gulat profesional, awalnya dikenal dengan berbagai nama seperti WWF Smackdown, WWE SmackDown, WWE SmackDown vs RAW, WWE, dan Exciting Pro Wrestling. Game ini dikembangkan oleh Visual Concept Entertainment dan Yuke’s Co. Ltd dan diterbitkan oleh THQ hingga tahun 2012, kemudian diambil alih oleh 2K.

WWE 2K memulai debutnya pada tahun 2000 dengan nama WWE SmackDown sebagai seri eksklusif untuk Sony PlayStation. Beberapa tahun kemudian, game ini merambah ke platform lain dan berganti nama menjadi WWE 2K14.

Game ini sangat populer di tahun 2000-an dan pernah menimbulkan kontroversi karena perilaku anak-anak yang meniru adegan-adegan di dalamnya.

10. NBA LIVE

NBA LIVE menempati peringkat kesepuluh dengan total penjualan mencapai 33 juta kopi untuk seluruh seri sejak debutnya dengan NBA LIVE 95. Game ini dikembangkan oleh EA Canada dan EA Tiburon dan didistribusikan oleh EA Sports.

NBA LIVE telah memiliki 20 edisi yang dirilis setiap tahunnya, meskipun sayangnya dua edisi mengalami kegagalan, yaitu NBA LIVE 13 dan NBA LIVE 20.

Awalnya dikenal sebagai NBA Playoffs dan NBA Showdown, game ini adalah yang pertama di dunia yang menampilkan olahraga NBA secara resmi.

Kesepuluh video game tersebut telah menunjukkan bagaimana olahraga bisa diadaptasi ke dalam bentuk digital dengan sukses yang luar biasa.

Mereka tidak hanya menjadi permainan, tetapi juga telah menjadi bagian dari budaya populer, menginspirasi dan menghibur jutaan orang di seluruh dunia.

Dengan perkembangan teknologi, kita dapat mengharapkan evolusi lebih lanjut dalam video game bertema olahraga yang akan terus menggairahkan dan memperkaya pengalaman para gamer di masa yang akan datang.