Scroll untuk baca artikel
Shopee
Investasi

4 Kelebihan Investasi Emas yang Harus Diketahui Investor Pemula

Avatar photo
16
×

4 Kelebihan Investasi Emas yang Harus Diketahui Investor Pemula

Share this article
4 Kelebihan Investasi Emas yang Harus Diketahui Investor Pemula

Investasi merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kekayaan dan aset. Salah satu bentuk investasi yang cukup populer adalah investasi emas. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kelebihan investasi emas yang wajib diketahui bagi setiap investor, terutama bagi yang masih pemula.

Kelebihan Investasi Emas yang Esensial untuk Diketahui Setiap Investor

Meningkatkan aset dan kekayaan dapat dicapai melalui berbagai strategi, salah satunya melalui investasi. Investasi pada dasarnya adalah penanaman modal dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Namun, penting untuk memahami bagaimana berinvestasi dengan bijak untuk menghindari risiko dan mengoptimalkan imbal hasil. Di sini, kita akan membahas secara mendalam tentang salah satu bentuk investasi yang telah lama dianggap stabil dan menguntungkan, yaitu investasi emas.

Pengertian Investasi

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita definisikan dulu apa itu investasi. Menurut KBBI, investasi adalah penanaman modal dengan tujuan memperoleh keuntungan. Banyak ahli ekonomi memiliki pendapat mereka sendiri tentang apa itu investasi.

Misalnya, Tandelilin melalui bukunya “Portofolio dan Investasi” mendefinisikan investasi sebagai komitmen dana saat ini untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Di sisi lain, Jogiyanto melihat investasi sebagai penundaan konsumsi saat ini untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Pemahaman Investasi Emas

Emas adalah logam mulia yang telah lama dihargai oleh masyarakat. Emas biasanya dibentuk menjadi perhiasan seperti cincin, gelang, anting, dan kalung. Investasi emas, seperti namanya, berarti membeli emas dengan harapan harga akan meningkat di masa depan.

Ada berbagai cara untuk berinvestasi dalam emas, baik melalui pembelian emas fisik atau melalui platform digital yang memungkinkan Anda untuk membeli emas dalam bentuk digital.

See also  3 Investasi Emas Sebagai Investasi yang Bisa Bikin Miskin

Keuntungan Utama Investasi Emas

  • Stabilitas Relatif: Salah satu keunggulan investasi emas adalah stabilitas harganya. Investasi ini cocok bagi mereka yang ingin meminimalkan risiko kerugian. Emas dianggap sebagai aset “safe haven” yang cenderung tahan terhadap fluktuasi ekstrem yang mungkin terjadi pada aset lain seperti saham.
  • Bebas dari Bunga: Sebaliknya dengan instrumen keuangan lainnya, emas tidak dikenakan bunga. Harganya ditentukan berdasarkan berat dan jenisnya di pasar global. Selain itu, investasi emas biasanya tidak dikenakan pajak saat pembelian atau penjualan.
  • Pilihan untuk Dana Darurat: Emas bisa menjadi sarana untuk menyimpan dana darurat. Dalam situasi darurat, emas bisa dengan mudah dijual untuk mendapatkan likuiditas tunai.
  • Beragam Pilihan: Investor memiliki berbagai pilihan dalam berinvestasi emas. Ada emas fisik seperti koin, perhiasan, batangan, dan juga emas digital. Pilihan ini memberikan fleksibilitas bagi investor sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya.

Kesimpulan

Investasi emas memiliki beragam keuntungan yang menjadikannya pilihan menarik bagi banyak investor. Namun, seperti semua bentuk investasi, penting untuk melakukan penelitian dan memahami risikonya. Memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis investasi adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Emas, dengan karakteristik uniknya, dapat menjadi bagian penting dari portofolio diversifikasi yang seimbang.

Kredivo Fashion