Scroll untuk baca artikel
Shopee
Health

9 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Selama Perjalanan Waktu

Avatar photo
36
×

9 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Selama Perjalanan Waktu

Share this article
9 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Selama Perjalanan Waktu

Seiring berjalannya waktu, kondisi tulang kita menjadi representasi dari kualitas kehidupan kita. Tulang, yang berjumlah 206 di dalam tubuh manusia, memiliki peran penting dalam menjaga fungsi vital tubuh, mulai dari melindungi organ dalam, menjadi gudang mineral, hingga memfasilitasi setiap gerakan kita.

Namun, pertanyaannya adalah, bagaimana dinamika tulang kita seiring bertambahnya usia? Masa-masa muda biasanya ditandai dengan pertumbuhan massa tulang yang sangat cepat. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, realitas yang harus dihadapi adalah menurunnya kepadatan tulang.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Penurunan ini dapat meningkatkan risiko berbagai masalah tulang, seperti osteoporosis, yang umumnya lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki usia di atas 50 tahun. Meski demikian, kita tidak perlu merasa pasrah. Ada banyak langkah yang dapat diambil untuk memastikan tulang kita tetap sehat.

1. Aktivitas Fisik Sebagai Kunci

Aktivitas fisik terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dianjurkan untuk melakukan olahraga yang melawan gravitasi, seperti berjalan cepat atau bermain tenis, yang dapat berkontribusi meningkatkan kepadatan tulang.

Dr. Jeffrey Zarin menegaskan manfaat rutinitas olahraga sederhana, seperti berjalan kaki, praktik yoga, atau sekedar aktivitas naik turun tangga.

2. Manfaat Latihan Beban

Adalah fakta bahwa latihan ketahanan dapat mengoptimalkan kekuatan tulang kita. Dr. Adhil Shahzad Ahmed berpendapat bahwa latihan seperti ini bukan hanya memperkuat tulang, tapi juga kerangka tubuh kita secara keseluruhan. Ini menjadi sangat vital, terutama untuk wanita yang telah melewati masa menopause.

3. Pentingnya Bergerak

Lama duduk dapat berdampak negatif pada postur tubuh dan kekuatan tulang. Sebagai solusinya, Dr. Zarin menyarankan agar kita mengatur alarm sebagai pengingat untuk berdiri atau berjalan setiap 90 menit, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan di balik meja.

See also  5 Fungsi Utama Bawang Bombai untuk Kesehatan Usus

4. Pentingnya Kalsium

Kalsium memainkan peran krusial dalam menjaga kepadatan tulang. Dr. Karen M. Sutton menekankan konsumsi makanan kaya kalsium seperti sayuran, buah, dan protein tertentu. Bagi wanita di atas usia 50 tahun, asupan 1.200 miligram kalsium setiap hari menjadi kebutuhan.

5. Fleksibilitas dan Keseimbangan

Latihan keseimbangan, seperti yoga atau tai chi, bukan hanya meningkatkan fleksibilitas tubuh, tetapi juga mengurangi risiko cedera, sebagaimana disampaikan oleh Dr. Ahmed.

6. Bahaya Rokok

Rokok dikenal memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, termasuk bagi tulang. Dr. Sutton menjelaskan bahwa rokok dapat menghambat penyerapan kalsium.

7. Konsumsi Alkohol yang Bertanggung Jawab

Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak kepadatan tulang. Dr. Sutton menyarankan untuk membatasi konsumsi alkohol, satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria per hari.

8. Manfaat Probiotik

Penelitian modern telah menunjukkan bahwa probiotik, khususnya yang terdapat dalam yogurt, dapat mendukung kesehatan tulang, terutama yang mengandung bakteri laktobasilus.

9. Suplemen dan Konsultasi

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Jika Anda merasa kekurangan, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai.

Kesimpulan

Dengan bertambahnya usia, memang tantangan yang dihadapi oleh tulang kita juga meningkat. Namun, dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan menerapkan gaya hidup aktif, diet seimbang yang kaya kalsium, serta berkonsultasi dengan ahli kesehatan secara rutin, kita dapat menjaga tulang tetap kuat dan sehat di setiap fase kehidupan kita.

Kredivo Fashion