Scroll untuk baca artikel
Shopee
Mobil

8 Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman & Terpercaya

Avatar photo
19
×

8 Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman & Terpercaya

Share this article
Tips Membeli Mobil Bekas

Temukan panduan praktis dengan berbagai tips membeli mobil bekas yang aman dan terpercaya untuk mendapatkan kendaraan impian tanpa khawatir.

Dalam mencari mobil bekas, informasi yang akurat dan lengkap adalah kunci untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Namun, terkadang beberapa tips penting sering terlewatkan oleh banyak calon pembeli karena kurangnya pengetahuan atau pengalaman.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Untuk membantu Anda menghindari jebakan umum dan memastikan pembelian yang memuaskan, kami telah mengumpulkan delapan tips esensial dalam membeli mobil bekas yang mungkin belum banyak diketahui.

Dari mengecek riwayat servis hingga melakukan test drive di berbagai kondisi jalan, tips-tips ini akan membuka wawasan Anda dan mempersiapkan Anda untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.

1. Cek Status Kendaraan

Salah satu langkah penting yang sudah diketahui banyak orang dalam proses membeli mobil bekas adalah memeriksa kesesuaian data antara STNK, BPKB, dan kendaraan itu sendiri. Selain itu, penting juga bagi calon pembeli untuk mengecek status kendaraan di kantor Samsat.

Sekarang ini, pengecekan tersebut bisa dilakukan secara online dengan mudah, hanya dengan memasukkan nomor polisi kendaraan di situs web resmi Samsat daerah masing-masing.

Blokir Jual

Salah satu status kendaraan yang sering muncul adalah blokir jual. Status ini menandakan bahwa pemilik sebelumnya telah melaporkan ke Samsat bahwa mobil tersebut sudah dijual.

Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari pajak progresif yang berlaku ketika seseorang akan membeli mobil baru. Kondisi ini berarti mobil tersebut tidak bisa diproses pembayaran pajaknya kecuali pemilik baru melakukan balik nama.

Meski terdapat blokir jual, mobil masih bisa dibeli dengan syarat pembeli baru segera melakukan balik nama setelah kendaraan berpindah tangan.

Blokir Tilang Elektronik

Status kendaraan lain yang mungkin muncul adalah blokir tilang elektronik, khususnya di daerah-daerah yang sudah menerapkan sistem tilang elektronik.

Blokir ini terjadi apabila mobil tercatat telah melakukan pelanggaran lalu lintas dan pemiliknya tidak merespons surat pemberitahuan tilang yang diberikan.

Blokir Hilang

Jenis blokir ini adalah tanda peringatan serius bagi calon pembeli. Status hilang pada blokir menunjukkan bahwa kendaraan tersebut terdaftar sebagai kendaraan yang hilang.

Sangat penting untuk tidak melanjutkan pembelian jika mobil yang diminati ternyata memiliki status seperti ini, karena bisa jadi mobil tersebut adalah hasil dari tindak kejahatan.

2. Beli Langsung dari Pemilik untuk Harga yang Lebih Kompetitif

Beli Langsung dari Pemilik untuk Harga yang Lebih Kompetitif
Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Terdapat berbagai cara untuk memperoleh mobil bekas, mulai dari showroom, balai lelang, hingga membeli langsung dari pemilik sebelumnya.

Setiap metode memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bagi Anda yang mengutamakan harga, membeli langsung dari pemilik bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini bisa membutuhkan lebih banyak kesabaran dan usaha karena seringkali harus mengunjungi beberapa lokasi. Mengenai opsi balai lelang, ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah.

Akan tetapi, Anda harus bersiap untuk bersaing dalam penawaran harga dengan peserta lain, yang seringkali adalah para pedagang atau pemilik showroom yang mencari mobil untuk dijual kembali.

Mereka biasanya datang dengan modal yang lebih besar dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang nilai pasar suatu model mobil. Di sisi lain, membeli dari showroom juga memiliki keuntungannya.

Walaupun harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi karena penjual perlu mendapatkan keuntungan, Anda akan mendapatkan lebih banyak pilihan mobil dan kondisi mobil yang umumnya lebih terjamin.

3. Memanfaatkan Jasa Inspektor Profesional

Tidak semua orang memiliki pengetahuan mendalam tentang kendaraan, yang membuat membeli mobil bekas menjadi tantangan tersendiri, terutama bila tidak ada kerabat atau keluarga yang bisa membantu.

Dalam situasi ini, jasa inspektor profesional independen bisa sangat membantu. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap hampir semua bagian kendaraan untuk memastikan kondisi mobil sesuai dengan yang diharapkan.

Namun, menggunakan jasa inspektor profesional juga berarti Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk layanan mereka.

Selain itu, ada baiknya Anda memberitahukan kepada showroom atau penjual bahwa Anda akan datang bersama inspektor. Ini untuk menghindari situasi yang mungkin canggung dan untuk memastikan bahwa transaksi dapat berjalan lancar dan transparan.

4. Berhati-hati dengan Ruang Mesin yang Terlalu Bersih

Dalam upaya menarik calon pembeli, penjual mobil bekas seringkali membersihkan kendaraan mereka sebaik mungkin, termasuk area di bawah kap mesin. Namun, calon pembeli sebaiknya berhati-hati dan tidak terlalu tergoda oleh tampilan ruang mesin yang terlalu bersih.

Kebersihan yang berlebihan di area mesin bisa jadi merupakan upaya untuk menyembunyikan masalah, seperti rembesan oli. Cara mudah untuk memeriksa ini adalah dengan menyalakan mesin selama 10-15 menit dan memperhatikan blok mesin, kepala silinder, atau karter oli.

Kebocoran oli biasanya akan menunjukkan diri melalui debu pekat atau tetesan oli yang terlihat di komponen mesin.

5. Menanyakan Kunci Cadangan

Saat membeli mobil baru dari diler, biasanya mobil tersebut dilengkapi dengan beberapa kelengkapan, termasuk kunci cadangan. Ketika membeli mobil bekas, jangan lupa untuk menanyakan tentang kunci cadangan ini.

Keberadaan kunci cadangan sangat penting, terutama untuk mobil yang dilengkapi dengan sistem keamanan immobilizer. Kunci cadangan tidak hanya sebagai aksesori tambahan, tetapi juga sebagai komponen penting dalam keadaan darurat atau jika kunci utama hilang.

6. Memperhatikan Indikator pada Panel Instrumen

Salah satu trik yang sering terlewatkan saat membeli mobil bekas adalah memerhatikan indikator pada panel instrumen. Mobil modern dilengkapi dengan berbagai indikator yang menginformasikan kondisi mobil, seperti lampu indikator engine check, tekanan oli mesin, kondisi aki, dan lain-lain.

Meskipun tidak mudah untuk menghafal semua fungsi dari masing-masing indikator, memahami arti dari tanda-tanda yang muncul bisa sangat membantu dalam menilai kondisi umum mobil.

Jika ada indikator yang menyala, itu bisa menunjukkan adanya masalah yang perlu ditelusuri lebih lanjut, sehingga sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan mekanik profesional.

7. Test Drive di Berbagai Jenis Jalan

Test Drive di Berbagai Jenis Jalan
Foto: Pexels/Shane West ™

Melakukan test drive adalah sebuah keharusan ketika Anda berencana membeli mobil bekas. Sebaiknya berikan perhatian ekstra jika penjual tampak keberatan atau ragu untuk melakukan test drive.

Test drive bukan hanya tentang mencoba mobil hingga batas kemampuan tertinggi, melainkan lebih kepada merasakan pengalaman mengendarai mobil tersebut secara langsung.

Gunakan momen ini untuk menguji kenyamanan posisi duduk, kestabilan kendaraan saat bergerak, responsivitas pedal gas, serta kelancaran sistem transmisi.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa mencoba mengendarai mobil melewati berbagai kondisi jalan, seperti menaiki tanjakan yang biasa terdapat di area parkir pusat perbelanjaan atau flyover, dan untuk merasakan kinerja suspensi, cobalah melintasi jalanan dengan speed bump atau polisi tidur.

Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana mobil tersebut dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan, tidak hanya pada aspal yang mulus dan datar.

8. Cek Riwayat Servis Melalui Aplikasi

Memeriksa riwayat servis adalah langkah penting lainnya dalam proses pembelian mobil bekas. Dengan mengetahui riwayat servis, calon pembeli bisa memahami apa saja perbaikan atau penggantian komponen yang telah dilakukan pada mobil tersebut.

Idealnya, semua perawatan tersebut dilakukan di bengkel resmi, dan ini biasanya bisa dikonfirmasi dengan melihat buku servis mobil. Namun, berkat kemajuan teknologi, sekarang ini banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengakses riwayat servis mobil secara digital dan lebih mudah.

Pemanfaatan teknologi ini tentunya sangat membantu dalam memberikan gambaran lebih jelas tentang kondisi umum dan perawatan yang telah dilakukan pada mobil yang akan Anda beli.

Membeli mobil bekas membutuhkan lebih dari sekadar menilai harga dan model. Memperhatikan detail kecil dan melakukan pemeriksaan menyeluruh adalah kunci untuk menghindari biaya tak terduga dan menikmati pengalaman kepemilikan mobil yang lancar.

Dengan mengikuti delapan tips yang telah kami bahas, Anda akan lebih percaya diri dalam menavigasi pasar mobil bekas dan menemukan kendaraan yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan Anda tetapi juga dalam kondisi yang optimal. Selamat berburu mobil, dan semoga Anda menemukan teman perjalanan yang sempurna!