Scroll untuk baca artikel
Shopee
Properti

6 Kesalahan Investasi Properti yang Harus Diwaspadai

Avatar photo
17
×

6 Kesalahan Investasi Properti yang Harus Diwaspadai

Share this article
6 Kesalahan Investasi Properti yang Harus Diwaspadai

Investasi properti adalah salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih masyarakat. Namun, seringkali investor pemula terperangkap dalam kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari. Berikut adalah enam kesalahan besar dalam investasi properti yang harus Anda kenali dan hindari:

1. Jangan Tergiur Harga Rendah Tanpa Investigasi Mendalam

Seiring pertumbuhan industri properti, muncul juga kasus-kasus pengembang nakal yang menawarkan harga murah namun tanpa menepati janjinya. Beberapa pembeli bahkan mengalami kerugian karena bangunan atau unit yang dijanjikan tidak ada dalam realita.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Sebagai investor, penting bagi Anda untuk selalu melakukan pengecekan latar belakang pengembang dan memastikan semua syarat dan ketentuan jelas sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

2. Pastikan Legalitas Properti Anda Jelas

Legalitas menjadi salah satu faktor utama dalam berinvestasi properti. Pastikan Anda memiliki semua dokumen terkait seperti akta jual-beli, perjanjian pengikatan jual beli, pajak bumi dan bangunan, dan lainnya. Selain itu, hindari properti yang memiliki masalah hukum untuk menghindari kerugian di masa depan.

3. Riset dan Survei Adalah Kunci

Sebelum memutuskan untuk membeli properti, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar dan survei lapangan. Riset harga pasar akan membantu Anda mengetahui apakah harga yang ditawarkan sesuai atau tidak.

Sementara survei lapangan akan membantu Anda menilai kondisi nyata dari properti yang diminati, mulai dari kualitas bangunan, fasilitas, hingga lingkungan sekitarnya.

4. Hindari Properti yang Kurang Menarik

Meskipun harga murah bisa menarik, tetapi jika properti tersebut berlokasi di area yang kurang strategis, sulit diakses, atau jauh dari fasilitas umum, maka properti tersebut bisa dibilang kurang menarik.

Properti seperti ini cenderung sulit disewakan atau dijual kembali dengan harga yang menguntungkan.

See also  Keterampilan Penting dalam Berinvestasi Properti, Eksplorasi Mendalam bagi Milenial

5. Jangan Biarkan Biaya Lebih Besar dari Pendapatan

Dalam berinvestasi properti, Anda harus memperhitungkan semua biaya yang mungkin muncul, baik itu biaya operasional, perawatan, atau pajak. Jangan sampai biaya operasional Anda melebihi pendapatan dari properti tersebut, karena hal ini tentu akan merugikan Anda.

6. Perawatan Properti Adalah Kunci

Setelah membeli properti, tugas Anda belum selesai. Penting bagi Anda untuk selalu merawat dan menjaga kondisi properti agar tetap prima. Properti yang terawat dengan baik tentu akan lebih mudah disewakan atau dijual kembali.

Kesimpulan

Dalam dunia investasi properti, pengetahuan dan kehati-hatian adalah kunci untuk sukses. Dengan memahami kesalahan-kesalahan yang umum terjadi, Anda dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan mengambil keputusan yang lebih tepat.

Investasi properti memang menawarkan banyak peluang keuntungan, tetapi juga datang dengan risikonya sendiri. Dengan memahami dan menghindari enam kesalahan di atas, Anda dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dari investasi properti Anda.

Selalu ingat untuk selalu berhati-hati, melakukan riset, dan tidak terburu-buru dalam membuat keputusan.

Kredivo Fashion