Scroll untuk baca artikel
Shopee
Health

7 Panduan Lengkap Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas

Avatar photo
62
×

7 Panduan Lengkap Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas

Share this article
7 Panduan Lengkap Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas

Kulit, sebagai organ terbesar dalam tubuh manusia, memiliki peran yang sangat vital. Ia bertugas melindungi organ dalam tubuh dan menjadi barisan pertama pertahanan terhadap agen eksternal.

Selain itu, kecantikan dan kesehatan kulit sering menjadi cerminan kesehatan keseluruhan tubuh kita. Dalam iklim yang berbeda, terutama saat cuaca panas yang ekstrem, kebutuhan perawatan kulit pun berbeda.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Perubahan Perawatan Kulit Sesuai Musim

Tiap musim membawa tantangan unik bagi kulit kita. Sementara sebagian dari kita dengan tipe kulit normal mungkin merasa beruntung karena tidak perlu menyesuaikan rutinitas perawatan secara signifikan, kebanyakan dari kita harus beradaptasi.

Memahami karakteristik musim dan dampaknya terhadap kulit adalah langkah awal dalam menyusun rencana perawatan yang tepat.

Karakteristik Kulit di Musim Panas

Musim panas datang dengan suhu tinggi, kelembapan meningkat, dan paparan sinar matahari yang lebih intens. Semua faktor ini mengakibatkan kulit memproduksi minyak lebih banyak. Ironisnya, meski minyak lebih banyak diproduksi, kulit bisa menjadi dehidrasi akibat penguapan yang cepat. Ditambah dengan aktivitas luar ruangan yang meningkat, kulit kita berisiko mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV yang berlebihan.

Tips Perawatan Kulit di Musim Panas

1. Membersihkan Kulit dengan Bijak

Saat cuaca hangat, kulit cenderung lebih berminyak. Ini bisa menimbulkan masalah seperti jerawat dan komedo. Meski mungkin tergoda untuk mencuci wajah dengan sabun keras atau mencuci berulang-ulang, hal ini justru bisa merangsang produksi minyak lebih lanjut.

Solusinya adalah memilih pembersih yang lembut namun efektif. Gunakan dua kali sehari dan setelah berkeringat.

2. Eksfoliasi Secara Teratur, Tapi Jangan Berlebihan

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan segar. Ada dua jenis eksfolian: kimia dan fisik. Eksfolian kimia, seperti yang mengandung asam glikolat, bekerja dengan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit mati.

See also  9 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Selama Perjalanan Waktu

Sementara eksfolian fisik mengangkat sel kulit mati secara mekanik. Keduanya efektif jika digunakan dengan benar. Namun, penting untuk tidak berlebihan agar tidak mengiritasi kulit.

3. Hidrasi adalah Kunci

Meski mungkin berpikir bahwa kulit Anda tidak memerlukan pelembab tambahan saat cuaca panas, fakta sebenarnya adalah sebaliknya. Sinar matahari dan suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi.

Pelembab membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit Anda. Di musim panas, gunakan pelembab yang lebih ringan agar tidak menyumbat pori-pori. Bagi mereka yang memiliki kondisi kulit seperti eksim, memilih pelembab yang lebih kental bisa menjadi solusi.

4. Perlindungan Matahari: Pentingnya Melindungi Kulit dari Radiasi Matahari

Musim panas kerap identik dengan matahari yang bersinar terik. Di saat seperti ini, tabir surya bukan hanya sekedar pilihan, melainkan kebutuhan yang esensial. Alasannya?

Matahari, meskipun memberi kehangatan, dapat menyebabkan ancaman serius bagi kulit, seperti kanker kulit dan kerutan. Oleh karena itu, pemilihan tabir surya yang tepat menjadi hal yang fundamental.

Tabir surya ideal adalah yang berspektrum luas. Ini berarti tabir surya tersebut mampu melindungi kulit dari dua jenis radiasi matahari, yaitu UVA dan UVB. Produk dengan SPF 50 menjadi pilihan yang disarankan.

Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan, misalnya olahraga atau berenang, pastikan tabir surya yang Anda gunakan memiliki ketahanan terhadap keringat dan air.

Namun, mengaplikasikan tabir surya sekali sehari bukanlah cukup. Re-aplikasi setiap 1-2 jam saat berada di luar ruangan sangat dianjurkan. Dan tak hanya wajah, bibir juga memerlukan perlindungan. Tabir surya khusus bibir bisa menjadi pilihan.

Perlindungan matahari tak hanya berhenti pada tabir surya. Menggunakan topi bertepi lebar bisa melindungi kulit kepala, wajah, dan leher dari paparan matahari langsung. Sementara itu, kacamata hitam yang dilengkapi dengan perlindungan UV akan menjaga mata Anda dari potensi kanker dan katarak.

See also  8 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Ibu Hamil

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, mengenakan pakaian dengan UPF 50 bisa menjadi alternatif. Pakaian ini dirancang khusus untuk menghalangi hingga 98% sinar matahari.

Dan jangan lupa, hindari beraktivitas di luar ruangan pada jam-jam matahari paling terik, yakni antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

5. Riasan Wajah Musim Panas: Tetap Cantik Tanpa Terasa Berat

Musim panas, dengan cuacanya yang panas dan lembap, mempengaruhi pilihan riasan banyak orang. Riasan tebal di musim panas cenderung menyebabkan tampilan makeup yang mengalir karena keringat atau bahkan menyumbat pori-pori.

Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk mengenakan riasan yang lebih tipis atau bahkan menghindarinya sama sekali. Alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan tabir surya berwarna atau pelembab dengan tekstur ringan.

Hal ini tidak hanya memberikan tampilan segar, tetapi juga melindungi kulit dari sinar matahari. Dan satu hal yang tak boleh dilupakan, selalu bersihkan wajah sebelum tidur untuk menghindari timbulnya jerawat.

6. Manfaat Retinoid di Musim Panas

Musim panas dengan kelembapan tinggi menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan retinoid pada rutinitas perawatan kulit Anda. Retinoid dikenal memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi jerawat, memperhalus tekstur kulit, merangsang produksi kolagen, serta mencerahkan flek hitam. Meskipun demikian, pemakaian harus dimulai secara bertahap untuk mencegah iritasi dan pastikan selalu mengenakan tabir surya saat beraktivitas di luar.

7. Antioksidan: Perlindungan Tambahan di Musim Panas

Musim panas adalah saat yang ideal untuk menambahkan serum antioksidan, khususnya vitamin C, pada rutinitas skincare Anda. Antioksidan bekerja menangkap radikal bebas yang dihasilkan dari paparan sinar matahari, sehingga mencegah kerusakan pada kolagen kulit dan mencegah munculnya kerutan.

See also  7 Panduan Menyeluruh Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Selain itu, vitamin C juga dikenal mampu mencerahkan dan mengurangi flek coklat. Ada juga beberapa suplemen kulit yang bisa meningkatkan produksi kolagen dari dalam tubuh.