Scroll untuk baca artikel
Shopee
Health

5 Fungsi Utama Bawang Bombai untuk Kesehatan Usus

Avatar photo
15
×

5 Fungsi Utama Bawang Bombai untuk Kesehatan Usus

Share this article
5 Fungsi Utama Bawang Bombai untuk Kesehatan Usus

Bawang bombai, bumbu dapur yang familiar bagi banyak orang, tidak hanya menghadirkan aroma dan cita rasa yang menggugah selera. Dibalik rupanya yang sederhana, bawang bombai menyimpan sejuta manfaat kesehatan berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dari memelihara kesehatan jantung hingga menjaga keutuhan tulang, mari kita jelajahi lebih dalam lagi manfaat bawang bombai ini.

Scroll untuk baca artikel
Kredivo Fashion

Apa Itu Bawang Bombai?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal sedikit lebih dekat tentang bawang bombai. Bawang ini adalah salah satu bumbu dapur yang kerap dijumpai dalam berbagai masakan dunia.

Tidak hanya menambah rasa, bawang bombai juga memperkaya nutrisi dalam setiap hidangan, karena mengandung vitamin C, B, B6, folat, potasium, dan tentu saja, serat.

1. Harta Karun Antioksidan

Salah satu keunggulan bawang bombai adalah kandungan flavonoidnya yang berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Dengan mengonsumsi bawang bombai secara rutin, tubuh kita mendapatkan lapisan perlindungan tambahan terhadap serangan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

2. Pelindung Jantung Kita

Siapa sangka, bawang bombai yang sederhana ini berpotensi besar dalam menjaga kesehatan jantung? Flavonoid, khususnya quercetin, memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tidak berhenti di situ, bawang bombai juga aktif melawan peradangan, mengurangi kadar trigliserida, dan kolesterol yang jika tidak terkontrol bisa memicu berbagai penyakit jantung.

3. Sahabat Sejati Usus Anda

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, bawang bombai menjadi makanan favorit bagi bakteri baik di usus kita. Serat ini memberi energi bagi bakteri tersebut untuk berkembang dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang esensial untuk kesehatan usus.

See also  7 Panduan Menyeluruh Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

4. Penjaga Kekuatan Tulang

Sebuah penelitian menarik dari BBC Good Food mengungkap bahwa mengonsumsi bawang bombai bisa berpotensi mengurangi risiko terjadinya patah tulang, khususnya tulang pinggul. Bagi wanita yang memasuki masa paruh baya, bawang bombai bisa menjadi sahabat karena dapat mengurangi risiko keropos tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

5. Pelawan Bakteri Jahat

Selama berabad-abad, bawang bombai telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek, batuk, dan selesema.

Penelitian modern menunjukkan bahwa quercetin dalam bawang bombai efektif menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk Helicobacter pylori, penyebab utama sakit maag dan beberapa jenis kanker pencernaan.

Kesimpulan

Dengan serangkaian manfaat yang ditawarkan, bawang bombai layak mendapatkan tempat spesial di dapur Anda. Jangan ragu untuk memasukkannya dalam berbagai masakan, baik sebagai bumbu dasar ataupun topping.

Sebagai sumber nutrisi yang kaya, bawang bombai bisa menjadi salah satu kunci menuju hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Sehingga, setiap kali Anda menikmati hidangan dengan bawang bombai, Anda bukan hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberi investasi kesehatan bagi tubuh Anda.

Kredivo Fashion